Kepingan Jawaban dalam Langkah

“Bukannya jam segini lo biasanya udah pulang?” tanya Rina yang heran melihat aku masih mondar – mandir di depan kubikalnya.

“Belom, Tadi tiba-tiba ditelfon client pas didepan kantor. Terus gag sengaja lihat ada ibu – ibu lusuh yang bawa anak gitu duduk di jalan. Kayaknya anaknya kelaperan deh, terus gue ingat di meja masih ada beberapa snack. Ini mau gue kasih ke mereka aja.”

“Oooo, ibu-ibu yang biasanya bawa gerobak itu ya?” tanya rina tanpa melihat ku.

Pandangannya kali ini tertuju ke laptop sambil tangan kirinya memegang sebatang coklat.

“Nah iya, bener banget. Kok lo tau?” tanyaku selidik. Tumben banget cewek cuek disamping gue ini aware dengan orang sekitarnya.

“Udah seminggu ini hampir tiap sore ibu itu di situ.” jawabnya sekenanya sambil kembali melahap coklat.

“Oiya? Perasaan gag pernah lihat gue deh. Kan tiap sore gue biasa nunggu ojek onlen disono.”

“Ya iyalah nyonyaaa.. Lo kan kalau pulang buru-buru mulu.. Nyonyaa Teng-go… Jam stgah lima aja lo udah order ojeeekk… Mana sempat lo merhatiin yang lainn”

“hehehe… Ya udah gue mau ke bawah dulu ya.” ucapku terkekeh sambil memasukkan semua snack yang sudah terkumpul ke dalam kantong kresek.

“Eh.. bentar, ini-ini tambahin. Kayaknya anaknya suka coklat tuh.” ucap rina sambil menyerahkan dua bungkus silver queen kepadaku.

“Okeeee… Byeeee…” Aku kemudian memasukkan kedua coklat itu ke kresek dan kemudian pergi.

***

Dalam keseharian kita, apalagi jika hidup di kota besar seperti jakarta, ada banyak hal yang kadang terlewatkan karena cepatnya kita melangkah.

Berpindah dari satu titik ke titik selanjutnya, tanpa memperhatikan hal-hal lain yang berada diantaranya. Padahal mungkin saja beberapa hal diantaranya adalah peluang/kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yang indah atau kesempatan untuk berbuat kebaikan.

Ayo mari kita coba sesekali untuk melambatkan langkah sejenak, menghirup segarnya proses bertumbuh, menikmati proses dalam perjalanan kehidupan, melihat sekitar dan merasakan hal – hal kecil yang biasanya terlewatkan.

Mungkin disanalah kita justru bisa menemukan kepingan-kepingan jawaban atas apa yang kita cari selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.